Perlu diingat, fungsi utama rem adalah mengurangi putaran roda, bukan sebagai alat penghenti kendaraan. Mobil tanpa fitur ABS akan tetap meluncur meskipun sudah menginjak rem dan roda sudah berhenti berputar, karena terdapat gaya sentrifugal.
Bahaya yang ditimbulkan dari gaya sentrifugal akan melempar mobil lurus ke depan, dengan catatan kemudi juga dalam keadaan lurus. Tapi bila kemudi sedang dalam keadaan berbelok, hasilnya mobil bisa tak terkendali dan terbalik. ABS diciptakan untuk mengurangi gaya sentrifugal.
Saat melakukan pengereman sampai roda mengunci maka sensor kecepatan akan mengirimkan sinyal ke control unit untuk membuka katup bypass. Katup bypass akan terbuka untuk mengurangi tekanan rem pada roda yang mengunci roda akan berputar kembali, karena roda berputar kembali maka katup by pass akan tertutup lagi sehingga tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Jika roda kembali terkunci maka siklus tadi akan berulang. Dan dirasakan pedal rem terasa bergetar oleh pengemudi.
No comments:
Post a Comment