Saturday, May 5, 2012

Waspadai Jika Lampu Rem Dashboard Nyala

Rem Depan Mobil
Jika mendapati lampu peringatan rem menyala, kemungkinan lupa untuk melepaskan hand rem atau rem parkir.Perlu di waspadai jika handrem sudah diturunkan tapi lampu hand rem tetap menyala, mungkin ada yang salah dengan mobil Anda.

Lampu peringatan rem yang terus menyala menandakan bahwa minyak rem telah bearada di garis low yang terjadi akibat kebocoran dalam sistem rem.

Segera periksa level minyak rem mobil Anda. Menambahkan minyak rem tidak serta merta mengatasi masalah sebenarnya. Terdapat dua hal yang menjadi penyebab lampu handrem nyala terus.
Gambar sistem kerja rem mobil
1.Kebocoran dalam sistem rem mobil
Kebocoran dapat terjadi dalam selang rem, kaliper disc brake, drum brake wheel cylinders atau pada master cylinder itu sendiri dan master kopling jika kendaraan menggunakan satu aluran minyak rem dan minyak kopling. Bintik basah pada sambungan selang akan menjadi petunjuk mengenai kebocoran yang perlu diperbaiki.

2.Brake pad atau kampas rem sudah waktu nya di ganti
Ketika menemui lampu handrem nyala lebih baik jangan menambahkan minyak rem terlebih dulu sebelum memastikan tidak ada kebocoran.
Jika memang tidak terlihat kebocoran pada sistem rem, lebih baik periksakan ke bengkel untuk mengetahui masalah nya.

Minyak rem habis tetapi tidak terdapat kebocoran pada sistem rem menandakan brake pad sudah tipis dan waktunya di ganti.

Tetapi jika tetap mengisikan minyak rem sedangkan kampas rem sudah tipis bisa mengakibatkan rem lengket karena ketika kampas rem sudah benar-benar habis dan tinggal bagian besi pada kampas rem yang akan melakukan pengereman, akhirnya muncul panas berlebihan, mungkin bunyi dan lengket antara besi kampas rem dengan disc brake. Dan saat tersebut tidak kita sadari karena lampu indikator handrem tidak nyala.

Jadi intinya Lampu indikator hand rem di dashboard memberitahukan kita 2 kemungkinan, pertama terdapat kebocoran sistem rem dan kedua sudah waktunya untuk mengganti brake pad atau kampas rem.

No comments:

Post a Comment