Thursday, May 3, 2012

Berbagai Bentuk Kunci Busi Mobil

Kunci busi menjadi perkakas yang mutlak tersedia pada kendaraan, meskipun tidak paham dengan mesin mobil, suatu saat akan diperlukan. Kunci busi merupakan peranti yang dirancang khusus untuk setiap kendaraan untuk mengencangkan dan mengendurkan busi, untuk memasang dan melepas busi mobil.

Kunci busi toyota vios, avanza, yaris, innova, xenia


Kunci busi pada mobil diperuntukkan sebagai alat preventif untuk pertolongan pertama ketika terjadi masalah pada kendaraan, yang berhubungan dengan pengapian sehingga memudahkan untuk mengecek kondisi busi.
Dan kontruksi kunci busi dibuat agar bisa menjangkau posisi yang sulit sesuai dengan kondisi mesin tiap-tiap kendaraan.

Kunci busi merupakan alat khusus yang dirancang untuk tidak memberikan momen pengencangan yang telalu kuat pada busi. Dengan begitu kepala busi tidak beresiko rusak akibat momen pengencangan yang berlebihan. Penggunaan kunci sok ataupun kunci ring, dikhawatirkan dapat menyebabkan kepala busi rusak di dalam, kalau mengencangkan terlalu keras.

Kekhususan kunci busi dibanding kunci sok maupun kunci ring adalah pada bagian dalamnya yang dilengkapi magnet atau karet. Yang sekaligus karet atau magnet pada kunci busi berfungsi untuk mengambil busi yang sudah terlepas dari head silinder mesin.

Ada 3 model atau bentuk kunci busi mobil yakni model ratchet, model 'T' dan model pipa.

Kunci Busi Model Ratchet

Kunci busi mobil model rachet
Disebut model ratchet, karena kunci busi ini dilengkapi gagang ratchet layaknya kunci sok. Ujung ratchetnya bisa ditekuk sesuai posisi yang diinginkan, sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Harga kunci sok model ini berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu dan harga pun tergantung merek.


Kunci Busi Model 'T'

Kunci busi mobil model T
Karena bentuknya yang menyerupai huruf 'T', alhasil kunci busi ini dikenal dengan model 'T'. Kunci busi model 'T' ini juga dapat dipuntir sesuai posisi yang dinginkan. Harga Kunci busi model 'T' ini berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu-an.





Kunci Busi Model Pipa

Kunci busi mobil model pipa
Bentuknya memanjang layaknya pipa, namun berkepala hexagonal layaknya kunci busi. Untuk mempermudah penggunaan, kunci busi model pipa ini dilengkapi batang sebagai pegangan. Harga kunci busi model pipa berkisar antara Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribuan....

No comments:

Post a Comment