Saturday, February 14, 2009

Safety Riding

LEBIH SAYANG KENDARAAN ATAU NYAWA ?

Safety Riding yang digembar-gemborkan mulanya di Surabaya kini sudah menyebar ke banyak daerah di Indonesia... Program berkendara secara aman ini ditujukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara di jalan raya. Sebuah terobosan untuk membuat mereka berdisiplin dengan kendaraan dan jalur yang dilewati.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam safety riding, atau berkendara yang aman ini. Diantaranya adalah kesiapan motor dan kesiapan pengendara itu sendiri. Dari sisi kendaraan, kendaraan yang akan digunakan seharusnya sudah dalam keadaan fit dan kelengkapan kendaraan yang sempurna dan berfungsi baik. Dari segi pengendara, diharapkan pengendara mampu mematuhi aturan yang berlaku dalam berkendara.

Salah satunya adalah menyalakan lampu depan meskipun saat siang hari. Tujuannya adalah agar pengendara yang melaju dari depan bisa selalu lebih waspada terhadap kendaraan kita. Sorot lampu depan akan membuat pengendara sadar bahwa ada kendaraan yang sedang melintas dari arah berlawanan.

Namun, tak jarang ada yang meragukan efektivitas dari menyalakan lampu di siang hari ini. Tak perlu memberikan contoh orang lain, karena salah satu orang terdekat saya juga bilang demikian. "Kok repot-repot amat nyalain lampu depan terus, padahal kan siang. Nanti lampunya sering putus lho?!". Hehe...

Hmm... Kalau saya lebih memilih sayang pada nyawa ketimbang hanya sekadar lampu. Kalau lampu putus bisa beli lagi, tapi kalau nyawa putus? Mau beli dimana coba?... Hihihi...

Oleh karena itu, biasakan untuk berkendara secara baik dan benar dengan mengikuti ajakan safety riding ini. Tidak perlu gengsi ataupun yang lain, karena keselamatan kita dalam berkendara itu jauh lebih penting dari apapun. Pergunakan dua spion dalam kendaraan secara optimal. Selalu periksa keadaan kendaraan apakah roda, rem, mesin, dan lain-lain berfungsi dengan baik. Lihat apakah lampu depan, lampu rem, lampu sein bisa hidup. Juga selalu patuhi rambu-rambu lalu-lintas yang ada.

Ohya, dan juga jangan ngebut dan ugal-ugalan, jangan biarkan anak kecil menyetir sendiri, hindari lampu rem yang berwarna putih, pastikan anda telah memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi), persiapkan ban serep, selalu waspada ketika terjebak kemacetan, dan lain-lain.

Dan yang tak kalah penting adalah jangan bermain hp saat berkendara seperti yang ada di posting ini atau yang bisa kita lihat di gambar berikut ini.




Selamat ber-safety riding... Semoga selamat sampai tujuan... Amin....

Keterangan gambar atas ke bawah: 1) Mbahsangkil berkendara sambil chatting, hebat! 2) Pengendara bermain HP

No comments:

Post a Comment