Saturday, August 2, 2008

Momok Matematika

SUGESTI BAHWA MATEMATIKA ITU SULIT


Matematika adalah pelajaran yang merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Bagi mereka, matematika tak ubahnya pelajaran yang membuat dahi mereka berkerut serta otak mereka akan berisi deretan angka-angka serta rumus-rumus yang susah dihafal dan diselesaikan.

Rasa takut akan pelajaran matematika ini sudah terlebih dahulu mengalahkan rasa penasaran mereka untuk menggeluti angka demi angka, rumus demi rumus untuk dipahami dan diselesaikan. Kalah sebelum perang, ya mungkin itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana banyak dari mereka yang enggan atau malas untuk mempelajari matematika. Mereka menjadi tidak menyukai matematika dan lantas dan menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang susah.

Sugesti yang tertanam bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit lantas merasuk dalam alam bawah sadar mereka dan membuat mereka susah untuk mencerna apa yang terkandung dalam pelajaran matematika. Dan, akhirnya buah dari sugesti adalah penghindaran diri dan ketidakmampuan menyerap dan memahami pelajaran matematika itu sendiri.

Padahal sebenarnya mathematics is the mother of science. Semua pelajaran atau bidang ilmu yang lain pasti butuh matematika, meskipun cuma angka-angka saja.. Fisika, Kimia, Ekonomi, Teknik, dll.. Hehe... Juga ada pernyataan salah kaprah bahwa orang yang mahir matematika pasti dianggap pintar! Meskipun salah kaprah tapi ini tetap menunjukkan eksistensi matematika sebagai salah satu pelajaran vital yang mutlak dan wajib dikuasai. Saya suka ini! Keterampilan dasar untuk berdagang bukan pelajaran yang lain, tapi matematika. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dan kemampuan berbahasa lewat tawar menawar hihihi.

Bagaimana dengan anda, apa pernah tersugesti bahwa matematika itu menjengkelkan. Atau anda punya pelajaran lain yang tak kalah menjengkelkannya? Apa sebabnya? Bagaimana ya solusi biar matematika tidak jadi momok menakutkan lagi... Hihii... Yuk silahkan berbagi cerita...

Gambar asli di sini

No comments:

Post a Comment