Thursday, August 7, 2008

Blogger Random Post Widget

Kini bagi anda pengguna layanan blog Blogger.com atau bagi anda yang memiliki blog di blogspot, anda bisa memasang random post atau widget untuk menampilkan beberapa artikel secara acak pada blog anda. Tujuan dari pembuatan widget ini adalah mengatasi rasa gundah blogger bahwa posting-posting terdahulu yang sudah tersimpan di arsip jarang sekali ditengok oleh para pengunjung blog. Bila ada posting baru, maka posting lama akan segera terabaikan... Begitulah seterusnya terjadi secara berulang-ulang... Hingga akhirnya posting-posting lama tinggal kenangan saja... Sedih sekali.. Padahal bisa jadi ada banyak posting-posting lama yang menarik untuk disimak...

Metode yang dipakai dalam pembuatan widget ini adalah dengan menggunakan feed artikel dari blog yang diolah dengan bantuan aplikasi online pengolah RSS-feed milik Yahoo yaitu Yahoo Pipes.


Random Post Widget ini adalah beberapa posting atau artikel yang diambil secara acak dari keseluruhan posting anda (saya membatasi hanya 1000 post saja, jika blog anda lebih dari 1000 post silahkan kontak saya saja). Sejumlah artikel tersebut kemudian ditampilkan dalam daftar artikel acak.

Bila sebelumnya di salah satu postingan terdahulu, saya pernah menulis tentang Display Random Post yang hanya berfungsi seperti tombol 'Feeling Lucky' atau 'Saya Lagi Beruntung' nya Google. Tombol random post akan mengantarkan kita ke salah satu artikel dalam blog kita secara acak... Kita tidak bisa menebak, artikel apa yang bakan muncul.... Hehe..

Nah, random post widget ini adalah penyempurnaan dari display random post karena telah menampilkan beberapa artikel secara acak sehingga bisa dipilih oleh pembaca.

Jadi, jika anda memiliki banyak artikel di blog anda, dan berharap setiap artikel tersebut dibaca oleh pengunjung, ada baiknya anda memasang widget random post ini.

Blogger hack ini pertama kali dimunculkan disini kemudian saya modifikasi sedemikian rupa sehingga layak anda pasang di blog anda. Saya mengubah settingan widget, dari yang semula hanya menyedot sekitar 25 posting terakhir menjadi 1000 posting (bahkan bisa lebih tergantung permintaan anda). Ini saya lakukan dengan harapan bahwa susunan artikel acak ini nantinya mencakup total populasi artikel blog kita, sehingga bukan hanya sampel 25 posting saja. Saya juga menjadikan format feeds ke dalam bentuk standar feed blogspot, sehingga mudah dipakai oleh pengguna blogger ataupun custom domains.

<script type="text/javascript">
function pipeCallback(obj) {
document.write('<ul style="text-transform: capitalize;">');
var i;
for (i = 0; i < obj.count ; i++)
{
var href = "'" + obj.value.items[i].link + "'";
var item = "<li>" + "<a href=" + href + ">" + obj.value.items[i].title + "</a> </li>";
document.write(item);
}
document.write('</ul>');
}
</script>
<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_render=json&_callback=pipeCallback&_id=ac99ebe0691031008a48d750fdbeaa67&url=http%3A%2F%2Fnamablog.blogspot.com&num=10" type="text/javascript"></script>
<span style="font-size: 80%">Widget edited by <a href="http://anangku.blogspot.com/2008/08/blogger-random-post-widget.html">Anang </a></span>

Salin kode diatas dan ganti namablog dengan nama blog Blog*Spot anda. Kemudian masukkan pada page element HTML/JavaScript pada menu Edit Layout > Page Element pada Dasbor Blogger anda. Angka 10 menunjukkan jumlah artikel yang akan ditampilkan. Untuk merubah urutan nomer artikel anda bisa merubah <ol> menjadi <ul>.

Atau dengan cara yang lebih mudah anda bisa menggunakan form dibawah ini untuk menambahkan widget random post ini pada blog anda:



Widget ini disusun berdasarkan Display Random Feeds Feedburner yang dibuat oleh Pratyush dengan menggunakan bantuan aplikasi online Yahoo Pipes untuk memproses feed posting di blog anda dan akan ditampilkan menjadi susunan artikel secara acak pada widget ini.

Widget ini bisa dijalankan di FF, Opera, dan IE... Insyaallah......

Selamat mencoba...!

NB: Untuk nyoba ngetest dulu demo seperti apakah hasil kerjanya di blog anda.. Anda bisa mencoba disini terlebih dahulu..
http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.info?_id=ac99ebe0691031008a48d750fdbeaa67

Susunan artikel acak ini akan berubah-ubah setiap saat. Jadi jangan khawatir posting anda akan terlewati, semuanya ada giliran tayangnya sendiri-sendiri. Kalau ga percaya coba setiap menit refresh halaman ini dan lihat susunan random post di sidebar blog saya..... Hehe.. 022620be5e6f6a66359d63edb5055e66

No comments:

Post a Comment