Saturday, August 16, 2008

Gerhana dan Agustusan

GERHANA BULAN PADA HARI KEMERDEKAAN


Sudahkah kita merdeka??? 63 tahun yang katanya sudah dilalui dengan kemerdekaan ini sudahkah rakyat sudah hidup dengan sejahtera seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945??

Ah, tentunya semua butuh proses.. Proses untuk menjadi semakin baik dan lebih baik dari waktu ke waktu. Itu tentunya yang diharapkan. Tapi sekali lagi semua kadang tak sejalan dengan niat di awal....

Ada fenomena menarik di bulan Agustus ini, tepat di tanggal kemerdekaan 17 Agustus 2008, perayaan 63 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia ini akan dimulai dengan adanya gerhana bulan. Ya menurut berita yang beredar kabarnya nanti dini hari akan terjadi gerhana bulan sebagian.

Gerhana bulan sebagian akan berlangsung mulai minggu (17/8) dinihari dan bisa disaksikan dengan mata telanjang selama sekitar tiga jam. Dari pukul setengah tiga pagi hingga pukul setengah lima pagi. Mari menyaksikan fenomena menarik ini.

Pertama kali tahu kabar adanya gerhana bulan ini kemarin dari Aprie ketika tiba-tiba pesan YM masuk. Dan aha... Muncul ide posting seketika itu juga.

Hm.. Gerhana bulan dan korupsi.. Ya! Sekilas tak ada hubungannya. Tapi jika diamati dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya akan ada filosofi tentang terjadinya gerhana bulan ini dengan korupsi, dua fenomena ini akan menunjukkan tipe yang sejenis.

Gerhana bulan adalah tertutupnya sinar matahari untuk bulan yang seharusnya membuat bulan bersinar di malam hari karena terhalang oleh Bumi. Sementara korupsi adalah terkikisnya uang untuk rakyat yang seharusnya membuat rakyat sejahtera, karena terkorupsi oleh oknum-oknum koruptor keparatttttttt!!!!!!!!!!!!!!

Gerhana ini bisa diartikan juga dalam bidang agama. Sekularisme adalah bentuk dari gerhana di bidang agama. Matahari perlambang ajaran Tuhan. Bulan adalah pembawa ajaran Tuhan. Bumi adalah umat manusia. Ajaran Tuhan yang seharusnya 'dipantulkan' oleh pembawa ajaran tersebut kepada umatnya pun dipisah-pisah. Agama ya hanya berada dalam lingkup khusus, tidak bisa masuk ke bidang lain. Agama ya agama yang hanya menjadi ritual dan urusan pribadi. Sementara, di bidang kehidupan lain, politik ya politik.... Korupsi yang jelas-jelas haram, jalan terusss....

Hm.... Di hari kemerdekaan ini kita ditunjukkan lagi oleh Sang Maha Segala.. Bahwa negeri ini harus membersihkan dirinya dari penyakit akut yang sudah merongrong dan menggerogoti sendi-sendi kehidupan yang adil dan makmur.... Penyakit akut berupa korupsi kolusi dan nepotisme yang kita kenal sebagai KKN harus disingkirkan demi kesejahteraan 200 juta lebih rakyatnya.

Hmm.... Merdeka!!!

No comments:

Post a Comment