Friday, June 20, 2008

Blogger Top Post (Artikel Terpopuler) Widget

Kini bagi anda pengguna layanan blog Blogger.com atau bagi anda yang memiliki blog di blogspot, anda bisa memasang top post atau artikel terpopuler widget pada blog anda, untuk melihat posting atau artikel manakah yang paling sering dibaca atau dalam hal ini sering dikomentari di blog anda. Metode yang dipakai menggunakan feed dari blog yang diolah dengan bantuan aplikasi online pengolah RSS-feed milik Yahoo yaitu Yahoo Pipes.


Top Post atau Artikel Terpopuler ini adalah seberapa populerkah artikel yang pernah kita tulis dan ditampilkan di blog kita. Banyak parameter yang digunakan untuk menyusun artikel terpopuler ini, mulai dari jumlah berapa kali artikel tersebut dibaca atau berapa jumlah komentar pada artikel tersebut. Jika di blog berbasis WordPress sudah tersedia widget Tulisan Teratas, maka di blogspot anda sudah bisa menampilkan widget sejenis. Widget ini disusun berdasarkan lalu-lintas komentar terakhir yang masuk di blog anda sehingga bisa disimpulkan artikel manakah yang paling mendapat tanggapan dari pembaca blog anda.

Blogger hack ini pertama kali di munculkan disini kemudian saya oprek-oprek sedikit sehingga layak anda pasang di blog anda. Saya mengubah jumlah komentar terakhir yang diproses hanya sebanyak 100 buah saja, dengan harapan bahwa susunan artikel terpopuler ini bisa berubah-ubah setiap saat sehingga tidak hanya statis menampilkan artikel dengan komentar terbanyak 'sepanjang masa', melainkan pada kisaran waktu tertentu saja.

<script type="text/javascript">
function pipeCallback(obj) {
document.write('<ul style="text-transform: capitalize;">');
var i;
for (i = 0; i < obj.count ; i++)
{
var href = "'" + obj.value.items[i].link + "'";
var item = "<li>" + "<a href=" + href + ">" + obj.value.items[i].title + "</a> </li>";
document.write(item);
}
document.write('</ul>');
}
</script>
<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_render=json&_callback=pipeCallback&_id=ff855e4f4d4a10fde1c2eb32074f99cd&url=http%3A%2F%2Fnamablog.blogspot.com&num=10" type="text/javascript"></script>
<span style="font-size: 80%">Widget edited by <a href="http://anangku.blogspot.com/2008/06/blogger-top-post-artikel-terpopuler.html">Anang </a></span>

Salin kode diatas dan ganti namablog dengan nama blog Blog*Spot anda. Kemudian masukkan pada page element HTML/JavaScript pada menu Edit Layout > Page Element pada Dasbor Blogger anda. Angka 10 menunjukkan jumlah artikel yang akan ditampilkan. Untuk merubah susunan lift dari bullet menjadi urutan numbering anda bisa merubah <ul> menjadi <ol>. ul untuk bullet dan ol untuk numbering.

Atau dengan cara yang lebih mudah anda bisa menggunakan form dibawah ini untuk menambahkan widget Blogger Top Post (Artikel Terpopuler) ini pada blog anda:



Widget ini disusun berdasarkan Popular Posts (Most Commented) Widget for Blogger Blogs yang dibuat oleh Amanda dengan menggunakan bantuan aplikasi online Yahoo Pipes untuk memproses 100 komentar terakhir di blog anda dan akan ditampilkan menjadi posting dengan komentar terbanyak pada widget ini.

Widget ini bisa dijalankan di FF, Opera, dan IE... Insyaallah......

Selamat mencoba...!

NB: Untuk nyoba ngetest dulu demo seperti apakah hasil kerjanya di blog anda.. Anda bisa mencoba disini terlebih dahulu..
http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.info?_id=ff855e4f4d4a10fde1c2eb32074f99cd

No comments:

Post a Comment