Wednesday, August 10, 2011

Kapal Induk China Pertama Mulai Berlayar


Kapal induk milik China yang pertama dikabarkan mulai meninggalkan doknya untuk memulai perjalanan pelayaran pertama. Kapal induk ini menandakan China makin memperlihatkan kekuatan militer mereka.

Kapal tua bekas Uni Soviet yang baru saja selesai dipugar ini, berlayar tepat seperti yang telah dijadwalkan oleh Angkatan Laut China. Sebelumnya, kapal bernama Varyag ini dibeli oleh China 10 tahun lalu. Demikian diberitakan Xinhua, Rabu (10/8/2011).

Kapal ini sebelumnya dimiliki oleh Uni Soviet. Namun, saat negara komunis itu bubar kepemilikan Varyag berpindah ke Ukraina. China membawa kapal ini pelabuhan Dailan untuk direnovasi kembali.

China membeli kapal ini dengan keadaan tanpa mesin, sistem senjata ataupun peralatan kelautan penting lainnya. Menurut kabar, China berencana untuk membeli empat kapal induk lainnya untuk memperkuat Angkatan Laut mereka.

Kapal yang saat ini belum diberi nama resmi, akan melakukan perjalanan uji coba. Beijing mengatakan kapal akan digunakan untuk pelatihan dan penelitian.

Ambisi China untuk mengoperasikan kapal induk memicu kekhawatiran dari pihak negara tetangga. Hal ini tidak lepas dari ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan.

Selama beberapa tahun terakhir, China terlibat perebutan wilayah kekuasaan di Laut China Selatan bersama dengan Jepang, Filipina dan Vietnam

No comments:

Post a Comment