Friday, October 17, 2008

Update Google Pagerank (1)

APA, KAPAN, MENGAPA DAN BAGAIMANA DI SEPUTAR NAIK TURUNNYA GOOGLE PAGERANK

Seperti yang pernah saya tulis disini, bahwa Google PageRank merupakan algoritma untuk menghitung situs web mana yang lebih populer diantara situs web yang lain, yang menjadikan PageRank ini sebagai salah satu dasar dalam menentukan posisi dalam search engine.

Mereka yang paham betul tentang Search Engine Optimization (SEO) sudah tentu familiar dengan masalah bagaimana rahasia, trik, dan tips untuk mendapatkan posisi terbaik di banyak search engine. Teknik untuk mendapatkan posisi pertama di google adalah search engine result page (SERP).

Jadi, selain mengandalkan trafik, google pagerank merupakan salah satu tolok ukur yang vital di mata mereka. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan meluncur ke halaman ini.

Nah belakangan ini, Google semakin sering saja melakukan update Google Pagerank. Banyak blogger papan atas yang memiliki nilai pagerank cukup lumayan kemudian dalam sekejap nilai pagerank blognya terhempas. Bahkan tak sedikit pula yang terpaksa menggigit jari lantaran pagerank blognya jatuh bebas ke pagerank nol dan yang paling parah adalah pagerank n/a alias not available... Hmm.....

Mari kita mencoba menyelidikinya.. Apa gerangan yang sedang terjadi? Apa pula yang menyebabkan Google semakin sering mengupdate google pagerank? Mari kita telisik sebab dan faktor kenapa pagerank anda jatuh atau naik! Semua akan kita kupas, setajam SILET..... Ahahaha...

Dari sudut pandang saya sebagai pengguna internet biasa, saya mencoba membuat analisa sederhana mengapa google semakin sering mengupdate google pagerank-nya dan mengapa google pagerank ini mengalami kenaikan dan penurunan nilai.

Semakin 'kotornya' hasil pencarian Google

Pertama, kita harus paham dan menyadari bahwa algoritma google pagerank ini digunakan oleh Google search engine untuk melihat seberapa penting posisi website tersebut. Jadi, semakin besar nilai pagerank website itu maka semakin besar pula peluangnya untuk tampil di deretan 10 besar hasil pencarian kata kunci tertentu alias di halaman pertama mesin pencari Google.

Nah sebagai contohnya misalkan saja ada dua website dengan isi yang hampir serupa, maka google akan lebih menganggap bahwa website yang memiliki nilai google pagerank lebih tinggi itu adalah lebih penting dibanding website dengan google pagerank lebih rendah. Sehingga website dengan pagerank tinggi akan lebih dipercaya untuk menduduki posisi penting di hasil pencarian Google.

Masalah yang dihadapi Google Search Engine sebagai mesin pencari terbesar di dunia adalah validitas hasil pencarian. Semakin banyak artikel bertebaran di jagad maya, semakin susah pula tantangan memilah dan memilih artikel mana yang layak diposisikan di halaman awal hasil pencarian Google. Sementara itu, tidak semua artikel yang ditulis di dunia maya ini ditulis dengan pendekatan ilmiah dan riset yang mendalam.

Terlebih lagi dengan kemunculan layanan blog gratis yang menyediakan tempat bagi mereka untuk menulis apa saja dan kapan saja. Ini menjadi momok bagi mesin pencari seperti google ini.

Dulu sebelum blog muncul, mungkin kita masih ingat bahwa ketika hendak mencari artikel ilmiah entah itu untuk literatur, tugas kuliah, atau pekerjaan maka kita akan disuguhkan dengan daftar hasil pencarian berupa artikel dari beberapa universitas atau website yang sudah terpercaya. Kini nyaris tiap kali kita mengetik keyword apapun di Google search engine, pada hasil pencarian kita akan selalu saja akan menemukan blog ada di setiap halaman pertamanya......

Disini saya sama sekali bukan bermaksud untuk menyepelekan blog. Tapi melihat bahwa penulis blog masih banyak yang bisa disamakan dengan para penulis ulung yang tulisannya menjadi referensi banyak orang. Tapi, tak bisa dipungkiri pula bahwa ada sebagian dari mereka yang tulisannya memang layak diapresiasi dan direferensikan.

Apalagi ketika SEO atau search engine optimization mulai muncul ke permukaan. Praktek-praktek SEO yang melupakan konten dan hanya mengandalkan keyword merupakan musuh besar bagi Google dalam menentukan hasil pencarian yang terbaik. Para pelaku SEO kotor ini melakukan tembak keyword, menembak keyword yang bagus tetapi melupakan isi postingannya. SEO kotor inilah yang membuat kita sebagai sebagai para pencari artikel untuk terbunuh larut dalam pencarian yang tidak ada hentinya. Dilempar sana dilempar situ. Dipingpong kesana kemari. Pencarian yang tak berujung... Good keyword, bad content!

Nah ternyata masalahnya disini tidak hanya blog saja. Website juga bisa disusupi SEO kotor ini. Jadi masalahnya sebenarnya tidak melulu blog saja.

Jadi, untuk mengantisipasi Good keyword bad content ini google mencoba memperbaiki algoritma penentuan nilai google pagerank untuk membatasi pergerakan situs yang disusupi SEO kotor.... Website dengan SEO kotor biasanya akan mengalami penurunan nilai google pagerank-nya.

Masih banyak lagi faktor mengapa Google sering meng-update Pagerank... Cukup satu itu saja dulu... Nantinya akan dibuat berseri... Tunggu di postingan selanjutnya...

***

Saya rasa cukup sekian analisa ngawur saya sebagai pengguna internet awam.... Sekiranya ada yang lebih ahli dalam hal seperti ini silahkan berbagi cerita disini... Mengapa kok Google sekarang sering mengupdate Google Pagerank....

Yuk, silahkan! Mari kita berbagi ilmu dan pengetahuan seputar Google Pagerank dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan nilainya..... Atau anda tahu mitos-mitos di seputar Google Pagerank dan bagaimana tips dan trik serta cara jitu dan ampuh untuk menaikkan Google Pagerank?

Posting Terkait :
Update Google Pagerank (1)
Update Google Pagerank (2)
Update Google Pagerank (3)
Update Google Pagerank (4)

No comments:

Post a Comment