Sunday, June 28, 2009

Seni di Bak Truk

MEDIA EKSPRESI DAN CURAHAN HATI

Jika anda melakukan perjalanan di jalan raya tentunya anda biasa berpapasan dengan kendaraan spesialis pengangkut barang yang memiliki bak belakang ini. Truk kita biasa menyebut kendaraan jenis ini. Dalam dimensi lebih kecil truk ini bisa disebut jenis pick up, sementara dalam bentuk lebih besar adalah jenis truk tronton maupun trailer.

Di sepanjang perjalanan tak jarang anda bisa menemui hiasan-hiasan unik, menggelitik bahkan mengarah ke hal mesum dan pornografi di badan truk, khususnya di bagian belakang bak truk. Posisi bak belakang ini memang sangat ideal sebagai tempat mencurahkan ide-ide kreatif berupa tulisan dan gambar karena letaknya yang bisa dengan mudah dilihat oleh pengendara lain di belakang truk.

Banyak sekali rupa dan bentuk coretan kuas dalam bak belakang truk. Ada yang dibuat sebagai curahan hati supir truk tersebut, misalnya tulisan "Pulang Malu, Tak Pulang Rindu." yang bermakna rasa dilematis supir truk terhadap penghasilan yang tidak mencukupi dan istrinya yang menunggu dirumah. "Pergi Karena Tugas, Pulang Karena Beras." merupakan sebuah ungkapan polos supir truk terhadap pekerjaan yang digeluti saat ini.

Juga ada pesan-pesan tersembunyi yang biasanya melekat pada gambar dan tulisan di bak truk. Misalnya saja gambar seorang perempuan jelita dan tulisan dibawahnya "Kunanti Jandamu", "Jangan Lupakan Aku Dek", "Doamu Harapanku" dan masih banyak lagi yang lainnya.

Malah ada pula yang menghias bak truk dengan gambar-gambar seronok dan sensual. Hehe.. Gambar wanita cantik, cewek seksi, bahenol yang hanya ditutupi beberapa helai kain saja menjadi ornamen penyejuk hati pengendara di belakangnya. Haha... Duh gusti!

Dan subhanallah, kemarin saya melihat sebuah truk dengan hiasan yang cukup santun dan memberikan pencerahan dan 'dakwah' kepada kita lewat sentuhan tulisan terjemahan salah satu kutipan surat di dalam Al-Quran yang menghias bak belakang truk oranye tersebut...

Subhanallah...

Hm.. Ternyata dakwah bisa melalui media apapun....

Apa anda pernah punya memori tentang seni di belakang bak truk ini? Yuk monggo berbagi cerita disini...

No comments:

Post a Comment